Tips, Trick, Layout, Templates, Apps, Facebook

Tips, Trick, Layout, Templates, Apps, Tutorial Facebook

Facebook Tips

Everything Talk About Facebook: Tips, Trick, Layout, Templates, Applications,Hacking Facebook .

COPAS Facebook

Tips, Trick, Layout, Templates, Apps, Tutorial,Everything About Facebook ,Source: Copy paste

Facebook Haram ? tidak benar


Beberapa hari ini sangat marak dibahas masalah Facebook yang di Haramkan oleh MUI Jawa Timur, setelah saya cari sumber lainnya ternyata Facebook Tidak Haram, semuanya kembali ke Niat awal kita. berikut hasil yang saya dapat dari bermacam-macam media.

Wakil Rais Aam Syuriah PBNU, KH Tolhah Hasan, berharap agar umat Islam mampu memaknai dan menyikapi kemajuan teknologi seperti facebook (FB) secara bijak, bukan secara hitam-putih (halal-haram).

Ia mengemukakan hal itu di Jakarta, Senin, menanggapi adanya rekomendasi agar Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa haram penggunaan situs jejaring sosial seperti “Facebook” dan “friendster” karena bisa menimbulkan kemudharatan bagi umat Islam.

Rekomendasi tersebut dikeluarkan oleh Forum Musyawarah Pondok Pesantren Putri (FMPP) se-Jawa Timur di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtabiin, Lirboyo, Kediri, pekan lalu.

Menurut mantan menteri agama itu, facebook, friendster sebagai teknologi merupakan bagian atau produk dari ilmu pengetahuan yang sifatnya netral.

“Bukan ilmunya sendiri yang halal atau haram, tetapi penggunaannya yang bisa menjurus pada sesuatu yang halal atau haram,” katanya.

Hal senada dikemukakan Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi. “Ilmu atau teknologi hanyalah alat yang secara nilai bersifat netral atau bahasa agamanya mubah,” katanya.

Hukum halal atau haram, lanjut Hasyim, baru bisa disematkan kepada perbuatan yang menggunakan alat tersebut, bukan pada alatnya.

“Pisau kalau digunakan memasak apa salahnya, tetapi kalau untuk membunuh itu akan menjadi barang bukti. Jadi, halal-haram itu bukan pada teknologi atau alatnya, tapi sematkan pada penggunanya,” katanya.

Kurang Informasi

Tolhah menduga FMPP se-Jawa Timur belum memiliki informasi yang jelas dan pemahaman yang pas dalam mengeluarkan fatwa menyangkut situs jejaring sosial itu sehingga timbul fatwa yang menimbulkan kontroversi.

Ia mengatakan, kualitas informasi yang diperoleh menjadi penentu seseorang dalam mengambil sikap, ketika informasinya tidak lengkap, maka keputusan yang diambil juga bisa salah.

Menurut Tolhah, pengharaman kepada teknologi baru sudah seringkali terjadi di kalangan umat Islam yang kurang memahami esensi dari produk keilmuan tersebut.

“Kejadian seperti itu sudah berulang kali terjadi, satu masalah belum diketahui secara sempurna sudah diputuskan,” kata pendiri Universitas Islam Malang (Unisma) tersebut.

’’Facebook dinyatakan haram, terutama jika digunakan untuk bergosip dan menyebarkan kebohongan,’’ katanya. ’’Facebook juga haram jika para pemakainya berbicara tentang masalah intim secara terbuka atau mendukung perilaku vulgar,’’

Berdasarkan hasil Bhatsul Masail XI Forum Musyawarah Pondok Pesantren Putri Se-Jawa Timur di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo, Kediri, 20–21 Mei lalu, hukum Facebook dinyatakan haram.

’’Jika Facebook digunakan untuk PDKT (pendekatan) dengan lawan jenis, hukumnya haram,’’ ujar Masruhan, perumus bhatsul masail, kemarin (22/5). Bhatsul masail yang diikuti 50 pondok pesantren (ponpes) se-Jatim itu baru berakhir dini hari kemarin.
Kesimpulan saya Pribadi :
  1. Kalau Facebook digunakan untuk menjalin silaturahmi dan menambah saudara atau pertemanan tidak haram hukumnya.
  2. Penggunaan Facebook untuk berbagi cerita dan foto kenangan bersama teman-teman sekolah atau kuliah juga tidak masalah.
  3. Penggunaan Facebook sebagai ajang dakwah dan menyebarkan syiar-syiar islam seperti yg dilakukan pada program Mamah dan A’a di Indosiar sangat berguna dan membawa manfaat.
  4. Semua kembali ke niat pengguna Facebook itu sendiri

Tapi jika Facebook digunakan untuk gosip, menyebarkan kebohongan, mengupload foto-foto porno dan sebagai ajang curhat intim/ vulgar barulah dikatakan HARAM.




0 komentar:

Posting Komentar



 

different paths

college campus lawn

wires in front of sky

aerial perspective

clouds

clouds over the highway

The Poultney Inn

apartment for rent